Berita Utama

TUKANG DERES GULA KELAPA AKAN MENDAPATKAN SANTUNAN

Dilihat : 6449 Kali, Updated: 04 09 2014 18:56:20
TUKANG DERES GULA KELAPA AKAN MENDAPATKAN SANTUNAN

 

Pada hari sabtu tanggal 30 Agustus 2014 Pemerintah Desa Srowot melalui Kasi Kesejahteraan Rakyat, Kirno yang dibantu oleh Staf Kesejahteraan Rakyat, Warsidi telah  mendata warga Desa Srowot yang berprofesi sebagai penderes gula kelapa. Pendataan diadakan sebagai bagian dari Pemerintahan Kabupaten Banyumas akan menyelenggarakan  program pemberian bantuan kecelakaan bagi penderes gula kelapa dalam bentuk santunan kecelakaan penderes.

Dari hasil pendataan yang telah dilakukan ada 20 warga yang profesinya sebagai penderes. Kebanyakan penderes yang ada diwilayah RT 01 RW 01 dan RT 02 RW 02.Mereka masih menggunakan alat yang sederhana seperti pongkor untuk tempat  air niranya.dan setiap hari kurang lebih masing-masing penderes bisa memanjat pohon kelapa 10 hingga 20 pohon dan hasilnya rata-rata sekitar 2-6 Kg gula per hari.

Profesi penderes gula kelapa di Desa Srowot memang tidak lagi diminati oleh penduduk, hal ini terlihat dari jumlah penderes yang jumlahnya terus berkurang. Hal ini disebabkan oleh jumlah pendapatan yang tidak seimbang dengan resiko yang didapat. Jadi Program Pemberian Santuan Kecelakaan bagi penderes gula kelapa merupakan program yang sangat didukung oleh penderes gula kelapa di Desa Srowot, demikian hal yang terungkap saat Kasi Kesra meminta tanggapan kepada para penderes yang di data.

Komentar