Berita Utama

Bimbingan Teknis Ketua RW dan Ketua RT di Desa Srowot

Dilihat : 6693 Kali, Updated: 08 05 2014 11:08:08
Bimbingan Teknis Ketua RW dan Ketua RT di Desa Srowot

Kegiatan dalam rangka menertibkan administrasi di desa srowot  tidak berhenti sampai tingkat desa saja, terbukti pada tanggal 28 Maret 2014 ,  Pemerintah Desa Srowot melaksanakan kegiatan Bimbingan teknis ( Bimtek ) bagi Ketua RT dan Ketua RW sewilayah desa Srowot.  

Kegiatan diikuti oleh  24 ketua RT dan 4  ketua RW dan di pandu oleh masing masing kepala seksi  dalam Pemerintahan Desa, dan dipimpin oleh Kepala Desa Bapak Handoyo. Pelaksanaan kegiatan ini juga dihadiri oleh tim dari kecamatan.  Pelaksanaan Bimtek disambut dan diikuti dengan sangat antusias oleh para ketua RT dan RW yang mana masing masing kasi melasanakan bimbingannya sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

  1. 1.     Kasi Pemerintahan ( Misun, S Kom )

Kasi Pemerintahan membuat dan membagikan buku panduan  kepada ketua RT dan ketua RW. Buku tersebut berisi tentang persyaratan dan langkah kerja dalam pembuatan administrasi ( akte kelahiran, akte kematian, akte nikah, KTP,KK, surat pindah dan lain lain. )

 

  1. 2.     Kasi Kesra ( Kirno )

Kasi Kesra juga memberikan bimbingan kepada Ketua RT/RW  tentang pembuatan BPJS, disamping itu Kasi Kesra juga menyampaikan   kepada peserta Bimtek bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , Desa Srowot  juga membuka peluang bekerja bagi warganya yaitu untuk membuat batu split dan membuat batako, serta budidaya lele DUMBO,  lumayan.. buat penghasilan tambahan.....

 

  1. 3.     Kasi pembangunan ( Basim )

Kasi Pembangunan  juga memberikan Bimbingan tentang  perawatan jalan yang sudah dibangun /diaspal serta melaporkan pembangunan pembangunan yang telah terlaksana pada tahun ini dan program program yang telah terencana di tahun mendatang yang tertuang dalam Perdes No 02  tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJM Des).  Salah satu program pembangunan yang akan terlaksana tahun ini adalah program Pamsimas yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan air bersih, karena di Desa Srowot ketika musim kemarau datang masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih bahkan di wilayah Kadus I sumur sumur  yang biasanya menjadi sumber air bersih hampir semuanya kering......( sumure pada sat )

 

  1. 4.     Kaur Keuangan  ( Endah Sri Kuswati )

Dalam bimteknya, Kaur Keuangan juga membuat  dan membagikan Buku kas Umum untuk para ketua RT dan ketua RW agar mereka juga bisa melaksananakan pegadministrasian  Keuangan walau hanya tingkat RT dan RW. Dalam buku tersebut tercatat transaksi transaksi yaitu  pendapatan  dan pengeluaran  keuangan  sehingga setiap saat Ketua RT  bisa melaporkan kepada  warganya tentang kondisi keuangan yang ada di wilayahnya......Wah.. Ketua RT di Srowot pasti sekarang dah pinter pinter.....

 

  1. 5.     Kaur Umum ( Sri Parwati )

Selain Kaur keuangan, Kaur Umum juga membagikan buku iventaris bagi Ketua RT agar mereka bisa mencatat dan mengiventarisasikan kekayaan yang berupa barang yang dimiliki oleh masing masing RT. Kekayaan yang dimiliki masing masing RT di Desa Srowot sangat banyak, baik barang yang hidup seperti kambing, dan barang mati seperti meja kursi, seng, tratag, alat prasmanan dll... pokoke akeh banget, termasuk tampah dan  peso.

 

Dengan dilaksanakannya Bimtek  tersebut, Kepala Desa Srowot Bapak Handoyo, berharap bahwa  tertib administrasi tidak hanya di tingkat Desa saja tetapi di tingkat RT ataupun RW, sehingga pembangunan yang terlaksana tidak hanya pembangunan fisik saja tetapi pembangunan non fisik juga terlaksana, sesuai dengan semboyan Pak Kades  “ NATA JIWA MBANGUN DESA “  

Komentar